Kamis, 05 Desember 2013

Objek Wisata di Bangka Belitung Part 1

Objek Wisata di Bangka Belitung Part 1

KABUPATEN BANGKA 

1. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat. Pantai ini berada ditengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, diatas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang tiga.


2. Pantai Parai Tenggiri
 

Pada awalnya, masyarakat sungailiat menyebut pantai ini sebagai pantai Hakok, kmudian sebagai pantai Tenggiri. Pantai Parai merupakan pantai paling indah dideretan pantai timur Pulau Bangka. Sejak dulu ketika masih disebut Hakok, pantai ini merupakan kawasan yang paling digemari untuk dikunjunggi oleh masyarakat setempat. Bebatuan yang banyak terdapat di pantai ini, bagaikan sebuah dekorasi alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki sebauh resort dengan hotel bintang 4 yakni parai beach resort. Merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata pantai bertarap internasional yang patut dibanggakan dipulau bangka. Hampir semua fasilitas tersedia, mulai dari akomodasi, restauran, bar and grill, café, kolam renang, bahkan sport and leisure.


Di ujung kiri pantai, terdapat sebuah gugusan bebatuan yang di tata dengan apik dan di namakan Rock Island. Pada malam hari, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati hidangan lezat dan minuman bar, sambil mendengarkan deburan ombak yang menerpa bebatuan tanpa henti. Akses menuju ke sana melalui sebuah jembatan dengan penerangan lampu di sepanjang tepi kanan dan kirinya. Pengunjung dapat berjalan kaki menuju ke Rock Island sambil menikmati pemandangan laut dan riakan ombak.
 

 3. Pantai Tikus


Pantai tikus terletak di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat. Pantai ini masih alami, cukup menarik untuk dikunjungi. Bentuk pantainya yang cekung, berpasir putih nan halus, yang sangat memikat wisatawan untuk datang berkunjung lagi.

4. Pantai Air Anyer
Pantai Air Anyer yang terletak 15 km dari Sungailiat dan di antara Kota Pangkalpinang dan Kota Sungailiat, menghadirkan keindahan pada waktu pagi ketika air laut surut. Pantai ini lebih banyak dipergunakan oleh masyarakat sebagai tempat keberangkatan perahu nelayan untuk melaut.

5. Pantai Remodong

Pantai Remodong terletak di desa Bukit Ketok, kecamatan Belinyu kabupaten Bangka. Letak pantai ini sekitar 77 km dari kota Sungailiat. Untuk mengunjungi Desa Remodang, pengunjung akan melalui sebuah "pintu gerbang" yang terbuat dari batu alam, yang seolah=olah memasuki sebuah dunia khayal. Lebih kurang 600 m dari gerbang batu itu, terdapat pantai yang sangat indah dan berpasir putih bersih dan padat, dilengkapi dengan deburan ombak air laut biru yang lembut. Pantai yang panjang kurang lebih 500 m, memiliki tebaran batu-batu yang menjadi penghias panorama pantai ini. Pantai Remodong berada di tengah-tengah Teluk Kelabat. dari pantai ini, daratan kabupaten Bangka Barat tampak samar-samar.


6. Pantai Teluk Uber

Seperti pantai-pantai lainnya di sepanjang pantai timur pulau Bangka, Pantai Teluk Uber ang terletak lebih kurang 17 km dari Kota Sungailiat dan memiliki luas 25 Ha, berbentuk teluk yang dibatasi oleh gugusan batu-batuan di sebelah kanan dan kiri. Bebatuan ini mengapit lebih kurang 300 m pasir putih yang empuk dengan riak gelombang yang lembut.
Di Pantai Teluk Uber ini juga sudah berdiri sebuah hotel dengan 10 kamar yang merupakan satu-satunya fasilitas yang terdapat di kawasan ini.

7. Pantai Batu Bedaun
Terletak dikampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Sungai liat. Pantai ini cukup unik, bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri, dan mempunyai ciri khas adanya pohon yang tumbuh diatas batu.

8. Pantai Penyusuk


Kira-kira 6 km ke arah utara dari pantai Remodong, terdapat sebuah semenanjung yang sangat indah, yaitu Tanjung Penyusuk, yang terletak paling ujung utara Pulau Bangka. Dihiasi dengan tebaran batu-batuan alam berukuran besar dan kecil, Pantai Penyusuk sangat indah. Laut yang biru dan tenang dengan riak gelombang kecil yang menerpa ke arah laut, tampak empat buah pulau kecil yang melindungi pantai ini dari gelombang, sehingga pantai ini begitu tenang.

Salah satu pulau itu, Pulau Lampu, berfungsi sebagai mercusuar. Di antara pulau-pulau dan pantai, terdapat palung dengan kedalaman air yang ditumbuhi oleh taman laut berupa tebaran terumbu karang berwarna-warni. Di situ terdapat ribuan jenis ikan hias dan ikan karang yang hidup dengan bebas.

9. Pantai Matras 


Pantai Matras terletak di Kelurahan Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat yang berjarak sekitar 7 km dari Kota Sungailiat ke arah utara. Pantai ini mempunyai akses yang sangat mudah karena terdapat fasilitas jalan aspal yang mulus dan lebar, sehingga semua jenis kendaraan dapat memasuki lokasi ini hingga ke bibir pantai. Kondisi pantainya cukup indah dan menarik, berpasir putih dan landai sepanjang 3 km dari ujung selatan hingga ujung utara dengan dilatarbelakangi pepohonan kelapa. Terdapat aliran sungai yang membentuk kolam. Lebar pantai sekitar 20 -30 meter. dari gerbang menuju Pantai Matras, terdapat beberapa bilik pantai yang meskipun aksesnya cukup sulit tetapi memiliki panorama pantai yang bagus dengan batu-batu granit raksasa menghiasi.

Di kawasan Pantai Matras telah dibangun banyak tempat peristirahatan berupa bungalow sederhana. Di sekitar lokasi pantai terdapat beberapa hotel, penginapan, layanan tour/travel, dan tempat hiburan. Terdapat juga pusat-pusat penjualan souvenir dan makanan khas Bangka seperti kemplang panggang, kerupuk ikan, keretek ikan/cumi, rusip, belacan/trasi, lada bubuk, dan sebagainya. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah menikmati pemandangan alam pantai, menikmati kuliner khas Bangka, serta kegiatan alam pantai lainnya. 

Tiket Masuk:

Dewasa: Rp. 3.000/ orang

Anak-Anak: Rp. 1.000/orang


PANGKAL PINANG

1.  Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berjarak 7 Km dari Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Pasir Padi ini merupakan satu-satunya kawasan wisata paling ramai yang dikunjungi masyarakat kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi memiliki karakteristik pantai berpasir putih dengan laut biru tenang. di pantai ini sinar pagi sang surya memancar indah setiap hari, sehingga banyak wisatawan baik dari daerah sekitar, dari berbagai daerah diluar pulau Bangka, bahkan dari mancanegara, mengunjungi pantai pasir padi.

Keunikan Pantai Pasir Padi yang memiliki garis pantai sepanjang 100 hingga 300 m adalah ombak yang tenang dan kontur pasir yang padat, putih dan halus. Oleh sebab itu, pantai ini nyaman untuk pejalan kaki bahkan dapat di lalui oleh kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua.

Pantai yang mempunyai pemandangan alam yang sangat indah ini berada tidak jauh dari Pulau Punan, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut surut. Selain itu, juga terdapat Pulau Semujur dan Pulau Panjang yang berada sekitar 2,5 Km di perairan Pasir Padi.

Pantai kunjungan wisata yang paling digemari oleh semua tingkat usia ini sangat nyaman untuk mandi atau berjemur, karena kehangatan air lautnya, dan ketenangan ombaknya. Banyak kelompok pengunjung yang sengaja datang untuk bermain bola kaki di pantai. Bagi pemuda yang mempunyai sifat dinamis pantai ini merupakan surga untuk mengadu ketangkasan dan kecepatan bersepeda motor. Bahkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sering menggelar balapan sepeda motor, sebagai penyaluran jiwa dinamis anak-anak muda penggemar kebut-kebutan di jalan raya. Menjelang senja banyak pengunjung datang sekedar untuk menikmati udara sore dan menyaksikan kemeriahan Pantai Pasir Padi. Pantai Pasir Padi sering menjadi tempat penyelenggara acara keagamaan seperti pechun dan acara-acara lainnya.

Untuk menunjang sektor pariwisata Pantai Pasir Padi, sejumlah akomodasi yang berupa hotel berbintang, dengan fasilitas lengkap, seperti restoran, dan ruang konferensi, pameran dan lain-lain, tersedia. Selain itu warung-warung tradisional yang menyajikan berbagai hidangan laut menambah variasi akomodasi pantai itu.

2. Pantai Tanjung Bunga

Kawasan yang berdekatan dengan kawasan pantai Pasir Padi kurang lebih 2,5 km dengan pantai yang lanadai dan berbatuan, sehingga memiliki karakteristik yang unik. Pada bagian arah kedarat Tanjung Bunga memiliki satu kawasan yang berbukit dengan panorama yang sangat indahkearah laut, apalagi jika terlihat hilir mudiknya kapal penumpang dan barang, Yang keluar masuk pelabuhan Pangkalbalam. Melalui laut lepas di kawasan Pantai Pasir Padi dan Tanjung Bunga ini.

Kawasan Pantai Tanjung bunga telah memilikisite paln sebagai kawasan wisata Tanjung Bunga Dan TAC TOS ( Tanjung Bunga circuit and town square). Keunikan kawasan Pantai Tanjung Bunga adalah terdapatnya batu-batu pantai yang tersusun, dan bagi para pecinta wisata minat khusus, lokasi Tanjung Bunga sangat cocok dalam petualangan dengan menyusuri pantai dan alam berbukit

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar