Sabtu, 25 Mei 2013

Tentang 2NE1


Tentang 2NE1


2NE1 (dibaca = To Anyone atau Twenty One) merupakan grup hip hop/pop wanita populer di Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment pada tahun 2009. 2NE1 beranggotakan empat orang: CL, Bom, Dara, dan Minzy. Nama 2NE1 sendiri merupakan gabungan dari frase "21st century" dan "new evolution".

2NE1 pertama kali muncul di lagu "Lollipop", sebuah kampanye komersial dengan Big Bang untuk LG Electronics. Singel pertama mereka "Fire" dirilis pada 6 Mei 2009. Sampai saat ini, mereka telah mengeluarkan dua mini album, satu album studio To Anyone dan satu album Jepang "Collection". Pada album pertama mereka, 2NE1 (EP) mengeluarkan hit single "I Don't Care", yang mengantarkan mereka meraih penghargaan sebagai Song of the Year pada Mnet Asian Music Awards tahun 2009. Dilanjutkan single mereka, seperti "Go Away", "Lonely" dan"I Am The Best" yang juga sukses di pasaran, single "I Am The best" kembali mengantarkan 2NE1 memenangkan kategori "Song of the Year" untuk kedua kalinya pada ajang yang sama di tahun 2011.
2NE1 resmi memulai karirnya di Jepang pada bulan September 2011 dengan mengeluarkan mini album NOLZA, yang berisi lagu-lagu hits mereka pada album versi Korea sebelumnya yang di aransemen ulang. Sejak saat itu, kelompok ini telah merilis satu album studio, "Collection", dan dua single di Jepang. 2NE1 juga merencanakan memulai karir mereka di Amerika Serikat pada 2013, dengan bekerja sama dengan will.i.am.

Pra Debut

Group Musik ini pertama kali dikenalkan ke pers pada akhir tahun 2005. YG Entertainment mengumumkan bahwa kelompok itu terdiri dari empat anggota dan akan memulai debut single-nya sekitar bulan Mei 2009. Perusahaan juga menyatakan bahwa kelompok tersebut telah dilatih selama 4 tahun, mereka juga menjelaskan pada debut album tersebut berisikan lagu-lagu yang dihasilkan oleh 1TYM pemimpin Teddy Park. Nama kelompok awalnya diumumkan sebagai "21", namun karena adanya penyanyi dengan nama yang sama, kelompok ini segera berganti nama menjadi "2NE1".

2009: Debut dan Korea EP (Extended Plays)

Bekerja sama dengan BigBang , 2NE1 pertama mengeluarkan single " Lollipop ", yang dirilis secara digital pada 27 Maret 2009. Lagu ini diciptakan untuk LG guna mempromosikan "Cyon phone". Video musiknya dirilis pada tanggal 28 Maret 2009. Meskipun tidak secara langsung dipromosikan karena single ini murni untuk kepentingan iklan, "Lollipop" menjadi hits pada tangga lagu di berbagai media online dan menduduki puncak tangga lagu online di jaringan televisi Mnet selama empat minggu berturut-turut.
Pada tanggal 30 April CEO YG Entertainment, Yang Hyun Suk mengungkapkan bahwa lagu 2NE1 akan menjadi jenis lagu hip-hop dan reggae, dan lagu itu akan dirilis secara digital pada tanggal 6 Mei 2009 dengan judul "Fire", lagu itu ditulis dan diproduksi oleh Teddy Park.
"Fire" direncanakan rilis pada 6 Mei, dengan dua versi video musik - versi " studio" dan versi "jalan". Dirilis pada hari yang sama dan dalam waktu 24 jam pertama, video ini ditonton lebih dari satu juta pengunjung. Grup ini membawakan single "Fire" pertama kali di jaringan SBS TV dalam acara SBS Inkigayo pada tanggal 17 Mei 2009.
"I Don't Care " dirilis sebagai single kedua pada tanggal 1 Juli 2009 bersamaan dengan dikeluarkannya mini album pertama mereka. Promosi untuk single baru mereka dimulai pada awal Juli.
Setelah menyelesaikan Promosi "I don't Care", 2NE1 mengambil cuti sementara dan setiap anggota merilis single solo mereka. Sandara Park orang pertama yang merilis single digital sendiri, "Kiss", pada bulan September 2009. Lagu ini menampilkan sesama anggota 2NE1 yakni CL sebagai rapper dan digunakan dalam sebuah iklan untuk bir CF. Park Bom merilis single "You and I" yang dirilis pada bulan Oktober 2009. CL berkolaborasi dengan Minzy untuk single mereka "Please Don't Go".
Bersama tiga grup musik lain yang mewakili Korea Selatan, 2NE1 mengikuti ajang "Asia Song Festival" ke-6 pada bulan September 2009, di mana mereka menerima penghargaan sebagai "Asian Newcomer's Award."

2010

Fans 2NE1 seringkali disebut “Blackjacks”, nama permainan kartu yang juga diketahui sebagai 21.
Pada tanggal 9 Februari 2010, “Follow Me” dirilis dan dipakai untuk Samsung Corby Folder. Selama musim panas, 2NE1 berjalan-jalan menuju Los Angeles dan London untuk melakukan rekaman lagu berbahasa Inggris bersama dengan Will.i.am, salah satu anggota Black Eyed Peas.
Album pertama kali 2NE1 dirilis pada tanggal 9 September 2010 dan berhasil meraih sukses yang luar biasa. Album tersebut berisi 12 lagu termasuk “Clap Your Hands”, “Go Away” dan “Can’t Nobody” yang di promosikan secara berulang-ulang.
“Clap Your Hands” berhasil meraih posisi pertama pada Mnet M! Countdown. Setelah itu, “Go Away” juga berhasil memenangkan K-Chart pada acara KBS Music Bank. Secara keseluruhan, 2NE1 telah berhasil menang 11 kali pada berbagai acara musik.
Untuk mempromosikan albumnya, 2NE1 mengikuti variety show berjudul Win-Win.

2011

Rencana pertama 2NE1 untuk memasuki pasar Jepang adalah Desember 2010, tetapi terdelay sampai bulan September 2011. 2NE1 berpartisipasi di kampanye Naver “Pray for Japan” bersama dengan artis Korea lainnya demi meningkatkan bantuan menolong korban gempa bumi.
Pada bulan September 2011, akhirnya 2NE1 secara resmi tampil di Jepang. Sebelum tampil di Jepang, 2NE1 merilis versi Jepang dari “I Am the Best”, “Hate You” dan “Ugly”. Pada tanggal 18 November 2011, 2NE1 juga merilis lagu “Go Away” dalam tiga versi.
2NE1 mendapatkan penghargaan “Best New Band in the World” di MTV’s Iggy 2011.

Album Korea

Album Studio
2010: To Anyone
2012: TBA

EP (Extended Plays)
2009: 2NE1
2011: 2NE1 2nd Mini Album

Album Jepang

Album Studio
2012: Collection

EP (Extended Plays)
2011: NOLZA

Album Internasional

Album Studio
TBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar